Selasa, 02 April 2013

Sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur



SODETAN CILIWUNG KE KANAL BANJIR TIMUR

SOLUSI ATASI BANJIR JAKARTA

oleh  :  DR. Ir. H. M. Taufik 



Kanal Banjir Barat dan Kanal Banjir Timur merupakan dua kanal utama yang mengendalikan banjir dengan cara menampung air dari sungai dan kali di hulunya, agar tidak membanjiri kota Jakarta. Setiap musim hujan, Kanal Banjir Barat (KBB) yang menampung air sungai Ciliwung sering hampir meluap. Pada tanggal 17 dan 18 Januari 2013, permukaan air KBB di sekitar jalan Latuharhari meluap melewati kepala turapnya dan membanjiri jantung kota Jakarta. Akan tetapi, Kanal Banjir Timur (KBT) di sekitar Buaran relatif tidak terisi dan permukaan airnya masih lebih rendah satu sampai dengan dua meter di bawah kepala turapnya.


Bagian hulu KBT menampung air dari kali Cipinang, kali Sunter, dan kali Buaran. Kanal ini mampu menampung air 300 s/d 400 meter kubik per detik (m3/detik). Ketika KBB meluap, KBT relatif tidak terisi dan masih mampu menampung tambahan air dari sungai Ciliwung sekitar 60 m3/detik. Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum memprioritaskan membuat sodetan berupa saluran sepanjang kurang lebih 2 kilo meter yang mengalirkan sebagian air dari sungai Ciliwung menuju KBT. Usulan ini sudah disetujui oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan beliau menegaskan mendesaknya program ini dalam jumpa pers setelah rapat penanggulangan banjir di Jakarta, Minggu 20 Januari 2013.




Ketinggian permukaan tanah dan sungai yang diukur oleh Unit Penyelidikan, Pengukuran dan Pengujian DPU Provinsi DKI Jakarta pada hari Senin tanggal 28 Januari 2013, menunjukkan bahwa perbedaan tinggi permukaan air rata-rata di sungai Ciliwung sekitar kelurahan Bidara Cina dan kali Cipinang (di hulu KBT) hanya sekitar 30 cm. Beda tinggi permukaan air yang sedikit ini membuat kita harus lebih teliti dalam merencanakan sodetan tersebut, karena jika air dari sungai Ciliwung disodet begitu saja menuju KBT, maka dikhawatirkan air berbalik mengalir kembali ke sungai Ciliwung pada waktu permukaan air kali Cipinang lebih tinggi. Sebagai jalan keluarnya di lokasi sodetan harus dibuatkan suatu bangunan yang dapat membagi air (Bangunan Pembagi Air), agar sebagian air dari sungai Ciliwung selalu dapat mengalir ke hulu KBT.

Bangunan Pembagi Air (BPA) ini harus mampu berfungsi mengatur jumlah debit air, baik yang mengalir menuju KBB maupun yang menuju KBT. Pengaturan ini dibutuhkan karena dari waktu ke waktu besarnya curah hujan di daerah hulu sungai Ciliwung daripada curah hujan di daerah hulu kali Cipinang, Sunter dan Buaran berbeda. Hal ini mengakibatkan banyaknya air dari sungai dan kali tersebut yang akan ditampung oleh KBB dan KBT juga akan berbeda.


BPA tersebut dapat mengalirkan air melalui pipa saluran di bawah tanah yang memotong jalan Otista dan menyusur di bawah jalan Otista 3, kemudian memotong jalan D. I. Panjaitan sampai bermuara di pertemuan kali Cipinang dengan hulu KBT. Hal ini dapat dilakukan karena permukaan jalan Otista (di dekat simpang jalan Otista 3) lebih tinggi sekitar 5 meter dari permukaan jalan D. I. Panjaitan (di dekat pom bensin Kebon Nanas), sedangkan permukaan jalan D. I. Panjaitannya masih lebih tinggi sekitar 3,50 meter dari permukaan air kali Cipinang di hulu KBT.

Perhitungan perencanaan pembagian air secara tradisional yang menggunakan asumsi-asumsi kehilangan energi seperti perubahan kecepatan air dan sebagainya, seringkali hasilnya kurang tepat. Untuk itu, pelaksanaan perencanaan (design engineering) sodetan saluran ini, selain dihitung tradisional sebaiknya dilakukan juga simulasi model (system dynamics). Pelaksanaan simulasi model akan lebih menjamin hasil perencanaan yang baik dan mendekati kenyataannya nanti (realitas). Adapun konstruksi sodetan salurannya, selain dapat berupa pipa di bawah tanah, dapat juga berupa saluran box beton.

Pada waktu pembangunannya nanti yang menjadi masalah adalah gangguan lalu-lintas selama masa pelaksanaan konstruksi. Pembuatan pipa saluran di bawah jalan dengan cara membuat terowongan mini (microtunneling) dapat mengurangi gangguan lalu-lintas. Sayangnya, cara ini hanya cocok mengatasi gangguan lalu-lintas untuk pelaksanaan konstruksi yang memotong jalan Otista dan memotong jalan D. I. Panjaitan saja, tetapi kurang cocok untuk pelaksanaan konstruksi yang menyusur di bawah jalan Otista 3. Hal ini disebabkan cara tersebut mengharuskan adanya sumur-sumur (manhole) untuk pemasangan pipa.

Alternatif pembuatan saluran berupa box beton di bawah jalan relatif lebih murah dan mudah. Hanya saja pelaksanaan pekerjaannya harus secepat mungkin agar gangguan lalu-lintas tidak terlalu lama. Box beton yang dibuat terlebih dahulu di pabrik digunakan untuk mempercepat pelaksanaan konstruksinya. Saluran box beton tersebut harus kedap air, karena pada waktu permukaan air sungai Ciliwung lebih tinggi dari mulut sodetan dan saluran tertutup tersebut bocor, maka rembesan airnya dapat mengganggu lingkungan. Untuk itu, sambungan antar box hendaknya menggunakan sejenis karet khusus (synthetic rubber) bermutu tinggi, seperti tipe karet yang pernah dipakai untuk sambungan antar box Sydney Harbour Tunnel di Australia. Kelebihan penggunaan box beton ini dapat dibuat lebih besar daripada penggunaan pipa, sehingga lebih memudahkan pemeliharaannya dikemudian hari.

Harapan penulis, agar perencanaan sodetan saluran ini dikaji lebih teliti, sehingga hasilnya bermanfaat bagi masyarakat. Dalam pelaksanaan pembangunannya nanti agar berhati-hati pada waktu pelaksanaan konstruksi yang memotong jalan D. I. Panjaitan karena sodetan tersebut berada di antara pondasi jalan layang Wiyoto Wiyono. Sebagai penutup, semoga banjir di kota Jakarta dapat diatasi.   * DR.Ir.H.M.Taufik *

 Kanal Banjir Barat :  di sekitar jalan Latuharhari meluap  pada tanggal 17 dan 18 Januari 2013



  • Tulisan ini pernah dimuat sebagai tulisan Opini pada harian Republika cetak edisi Sabtu, 23 Maret 2013, pada halaman 4 dengan judul "Solusi Atasi Banjir Jakarta"
 

2 komentar:

  1. Oakley's Titanium sunglasses - tatanium-arts.com
    Shop for Oakley's titanium price titanium sunglasses at iTain. T-shirts titanium spork by T-Shirts for the T-Shirt Shop. Browse T-Shirt thunder titanium lights designs by T-Shirts for price of titanium the T-Shirt omega seamaster titanium Shop.

    BalasHapus